Layanan

Sejak awal pembentukannnya DATUM memberikan lebih banyak perhatian pada pengelolaan dan penerapan sistem manajemen dokumentasi informasi di lembaga-lembaga hak asasi manusia. Pengelolaan sistem dokumentasi dan informasi tersebut berkembang bukan hanya ada aspek pengumpulan dan pengolahannya dalam bentuk pangkalan data, namun juga pada memahami cara mengklasifikasikan dan menganalisis data mereka.

DATUM juga mengembangkan infrastruktur, platform, dan perangkat standar pendokumentasian dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan ketersediaan sumber daya organisasi. Termasuk dalam layanan ini DATUM membantu melakukan audit/asesmen serta proses pembersihan data yang sudah dimiliki oleh organisasi serta memastikan memberikan pelatihan dan dukungan teknis  untuk memastikan organisasi mampu melakukan pengelolaan data secara mandiri.

Mengkomunikasikan data yang dimiliki merupakan kebutuhan setiap organisasi yang bekerja dengan atau menghasilkan data/informasi maupun pengetahuan baru. Untuk itu, maka mengembangkan kerangka strategi komunikasi adalah langkah pertama dalam menciptakan cerita dan pesan-pesan yang menarik untuk mengangkat performa organisasi. Ini akan membuka jalan bagi aliran pesan yang konsisten untuk membangun kepercayaan dari para pemangku kepentingan. Secara internal, strategi komunikasi berbasis data juga membantu mendefinisikan fokus strategis organisasi dan memberikan kejelasan kepada tim mengenai tujuan yang ingin dicapai dengan mengandalkan data dan informasi dari tangan pertama.

Tanpa Kerangka Strategi Komunikasi berbasis data, organisasi akan menghadapi risiko pesan yang dibuat tidak konsisten, strategi yang tidak koheren, dan tidak jelasnya arah pembelaan HAM. Dengan konteks tersebut maka DATUM membantu organisasi untuk mengembangkan strategi kampanye, baik luring maupun daring agar berdampak lebih luas dengan semaksimal mungkin menggunakan data dan informasi yang diperoleh atau dihasilkan dari kerja-kerja lapangan.
.

Makin berkembangnya teknologi informasi memaksa kita untuk menyadar bahwa di masa sekarang ini pentingnya melindungi dan mengamankan data dari berbagai ancaman jauh lebih penting ketimbang dahulu. DATUM memahami keamanan data sebagai standar dan teknologi yang melindungi data dari kerusakan, perubahan, modifikasi atau pembongkaran, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Keamanan data dapat diterapkan menggunakan berbagai teknik dan teknologi, termasuk di dalamnya kontrol administratif, keamanan fisik, kontrol logis, protokol organisasi, dan teknik pengamanan lainnya yang membatasi akses ke pengguna atau proses yang tidak sah. Dengan kapasitas tersebut, DATUM membantu organisasi yang ingin membangun atau mengembangkan sistem pengamanan data dan digital. Tujuannya adalah untuk melindungi data yang dikumpulkan, disimpan, dibuat, diterima, ataupun dikirim oleh organisasi.

Litbang (penelitian dan Pengembangan) merupakan salah satu peran yang penting dalam sebuah organisasi yang ingin terus berkembang. DATUM membantu organisasi dalam merumuskan kerja-kerja Litbang serta menyediakan dukungan teknis kepada para organisasi untuk membangun metodologi, mengembangkan dan memanfaatkan data dan teknologi informasi untuk kerja-kerja pembelaan HAM.

Sebagai bagian dari kerja-kerja Litbang, DATUM juga menyediakan layanan Monitoring dan Evaluasi dengan berbagai metode/pendekatan untuk menilai sejauhmana organisasi mencapai tujuan-tujuan dan menghasilkan dampak serta mendapatkan pengetahuan baru yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas dan performa organisasi di masa depan.

Organisasi-organisasi HAM biasanya mengadakan kegiatan dan pelatihan secara tatap muka. Namun, dengan adanya perubahan situasi saat ini maka proses pendidikan dan pelathan juga harus diubah dan disesuaikan. DATUM menarik manfaat dari perkembangan pesat dan masif teknologi pendidikan dan metodologi pembelajaran jarak jauh serta berbagai perangkat dan platform untuk telekonferensi yang tersedia. Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, DATUM membantu organisasi untuk membangun model dan metode pendidikan jarak jauh dan membangun Sistem Manajemen Pembelajaran Daring (LMS) baik yang bersifat mandiri, difasilitasi, maupun campuran (Blended learning). DATUM menawarkan penggabungan dari berbagai media pelatihan (mis. teknologi, kegiatan, dan events) untuk membuat program pelatihan yang optimal untuk audiens tertentu.

DATUM menyediakan model-model peningkatan kapasitas yang menggabungkan pengeahuan di bidang HAM, manajemen data, dan Teknologi Informasi. Seri pendidikan merupakan kursus online dimana peserta akan mengeksplorasi peluang dan tantangan apa yang dihadirkan oleh teknologi digital untuk kerja-kerja pembelaan HAM. Kursus ini mencakup berbagai masalah terkait hak asasi manusia termasuk literasi dan inklusivitas digital, kecerdasan buatan, hingga keamanan data dan hak privasi.

Selain itu, DATUM juga menyediakan layanan pelatihan untuk mendokumentasikan pelanggaran HAM dengan metodologi berbasis peristiwa (Event-based methodology). Di dalamnya juga dibahas mengenai penggunaan platform pangkalan data untuk menganalisis pelanggaran HAM yang terjadi pada kurun waktu, wilayah, atau tema-tema tertentu.

Portofolio