DATUM (Masyarakat Teknologi dan Kemanusiaan ) merupakan organisasi yang memfokuskan pada pengembangan dan penggunaan teknologi untuk kemanfaatan kepentingan kemanusiaan yang berbasiskan pada prinsip-prinsip HAM, dengan memfokuskan pada pengembangan kapasitas semua aktor, melalui penyediaan bantuan teknis, pendidikan dan pelatihan serta penelitian tentang teknologi dan hak asasi manusia.

Visi DATUM
Perkumpulan DATUM bertujuan di bidang kemanusiaan dengan membangun masyarakat Indonesia yang menghormati nilai-nilai hak asasi manusia melalui pemanfaatan data dan teknologi informasi yang inovatif, terukur dan berkelanjutan.

Misi DATUM
Pengelolaan, pengembangan, dan penggunaan data dan teknologi informasi untuk kemanfaatan kepentingan kemanusiaan yang berbasiskan pada prinsip-prinsip hak asasi manusia, dengan memfokuskan pada kegiatan penguatan kapasitas berbagai aktor melalui penyediaan sistem, perangkat, dan bantuan teknis, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian tentang manajemen data, teknologi informasi, dan pendidikan hak asasi manusia.

Founders

Adam Pantouw

Adam Pantouw

Founder

Adam adalah lulusan hukum yang sempat beracara tapi banting setir menjadi juru bahasa asing. Sekarang ia membantu klien-kliennya saling memahami dan bekerjasama dalam berbagai proyek pembangunan dan pembaruan hukum di Indonesia. Senantiasa membaca, Adam menaruh minat khusus pada persinggungan HAM dan teknologi.

Atikah Nuraini

Atikah Nuraini

Founder

Praktisi sekaligus pendidik hak asasi manusia dengan pengalaman lebih dari 20 tahun bekerja di lembaga-lembaga HAM di tingkat nasional dan regional. Memiliki keahlian dalam merancang, memfasilitasi, dan mengevaluasi pelatihan HAM dengan pendekatan partisipatoris untuk kelas tatap muka maupun daring. Berminat khusus mengembangkan model-model penelitian dan pembelajaran aksi partisipatif (Participatory Research, Learning, and Action), serta mendokumentasikan pengalaman korban pelanggaran HAM dengan berbagai metodologi maupun platform manajemen data.

Shera Rindra

Shera Rindra

Founder

Shera adalah seorang Konsultan Strategi Media Sosial, yang memiliki keahlian untuk membuat, mengatur, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi serta konten media sosial untuk kampanye, edukasi, dan advokasi di isu sosial, seni, budaya, dan lingkungan untuk organisasi lokal dan internasional.

Syaldi Sahude

Syaldi Sahude

Founder

Memiliki pengalaman bekerja di isu HAM, kesetaraan gender dan pemanfaatan teknologi untuk gerakan sosial kurang lebih 20 tahun dengan berbagai organisasi dan institusi di Indonesia

Yuli Asmini

Yuli Asmini

Founder

seorang pendidik HAM yang bekerja di Komnas HAM Jakarta sejak 1999. Saat ini pekerjaan utamanya melakukan berbagai bentuk pendidikan dan penyuluhan HAM, termasuk menjadi fasilitator pelatihan, mengembangkan kurikulum, modul dan manual pelatihan. Selain bergiat pada isu pendidikan dan hak asasi manusia, dia juga tertarik pada isu hak atas informasi, transformasi digital, manajemen pengetahuan dan isu kebebasan berekpresi lainnya.

Zainal Abidin

Zainal Abidin

Founder

Zainal mempunyai pengalaman profesional di sejumlah lembaga swadaya masyarakat, diantaranya sebagai Direktur Riset Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Deputy Director Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) dan sebagai konsultan dalam berbagai lembaga lain, baik lembaga pemerintah maupun swasta.

Associate

Hambali Hamdan

UI/UX Developer

Pekerja lepas sebagai pengembang aplikasi. Memiliki berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam pengembangan aplikasi dan sistem dalam industri teknologi, edukasi, dan media. Saat ini dia adalah salah satu pengurus harian dalam Serikat SINDIKASI, sebuah serikat independen untuk buruh kreatif dan media.

Reza Aulia

Software Developer

Memiliki selama 4 tahun dalam mengembangkan sistem informasi di berbagai organisasi negeri maupun swasta. Menguasai berbagai stack dan teknologi yang terintegrasi dengan sistem. Saat ini sambil bekerja, Reza juga sedang menempuh pendidikan S2 di bidang Manajemen Sistem Informasi di Universitas Gunadarma.

Muhammad Ahnaf

System Analyst

Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam merancang sistem database terutama di bidang riset dan pemantauan isu HAM serta pengembangan aplikasi psikometrik. Saat ini bekerja di bagian Penelitian dan Pengembangan Keprofesian PT. Prognosis Mitra Karsa yang bergerak di layanan psikologi.

Nuwiya Amal

UI/UX Designer

Nuwiya Amal adalah seorang UI/UX Designer yang telah mengerjakan berbagai proyek dari beragam industri. Di antaranya, bersama kolektif petani kopi Batu Lonceng dan Tanjungsari, Nuwiya menggarap proyek berupa aplikasi untuk memudahkan aktivitas petani dalam melakukan prosesi paska panen yang berpengaruh pada peningkatan kualitas kopi yang diproduksi.

Ellena Ekarahendy

Desainer Grafis

Ellena adalah art director, desainer grafis, ilustrator, dan copywriter berbasis di Jakarta, Indonesia. Selama lebih dari 7 tahun, Ellena telah bekerja bersama berbagai kolaborator baik dari komersil maupun berbasis komunitas. Kerja-kerja kreatifnya mengamplifikasi berbagai isu sosial, politik, seni, pendidikan, dan budaya.